1

About Us

Youth Proactive adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mendorong anak muda Indonesia berperan secara aktif di dalam upaya pemberantasan korupsi dengan membangun budaya jujur, literasi politik, pendidikan antikorupsi, dan pelibatan partisipatif generasi muda. Sehingga memungkinkan peran serta anak muda antikorupsi. Diinisiasi oleh Lia Toriana, Youth and Volunteerism Program Manager Transparency International Indonesia, Youth Proactive sudah aktif melibatkan anak muda sejak November 2012.

Digagasnya Youth Proactive berasal dari begitu menggguritanya korupsi sistemik di negeri ini. Komitmen integritas kita, anak muda, sering terbentur oleh realitas sosial-politik. Kita sering terpaksa harus bersikap permisif dan kompromistik terhadap praktik korupsi–misalnya kalau berhadapan dengan tilang polisi. Di sisi lain, anak muda masih punya posisi strategis dalam mewujudkan masyarakat dan pemerintahan yang bersih. Itulah kenapa Youth Proactive dibentuk: harus ada anak muda antikorupsi dalam gerakan pemberantasan korupsi.

 

Youth Proactive punya beberapa program yang sudah dijalankan secara reguler, seperti:

  1. Youth Report Center: wadah pelibatan anak muda pada tingkat lokal untuk mengawasi pelayanan publik (transparasi anggaran dan audit sosial) pada tingkat pemerintah daerah;
  2. Youth Digital Activism: pemanfaatan kanal digital Youth Proactive, baik media sosial maupun website YouthProactive.com dalam mengangkat wacana tentang antikorupsi, kebijakan publik, dan demokrasi.
  3. Seri diskusi NGOPI (Ngobrol Pintar): seri diskusi tematik yang mengangkat isu aktual di sekitar anak muda, demokrasi, politik, dan antikorupsi, ditinjau dari berbagai sudut pandang;
  4. Integrity Goes to You dan Youth Proactive Roadshow: edukasi antikorupsi ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus di seluruh Indonesia dalam rangkaian kegiatan yang informatif dan menyenangkan;
  5. Youth Integrity Camp: kemah antikorupsi yang mengumpulkan dan melibatkan pegiat-pegiat muda di Indonesia dalam rangkaian pelatihan mengenai integritas, antikorupsi, dan juga pemilih pemula;
  6. Riset tentang anak muda: riset yang menelusuri anak muda pada suatu isu, seperti riset persepsi korupsi pada anak muda (Youth Integrity Survey 2012 & Youth Integrity Survey 2013), riset persepsi pemilih pemula (Survei Pemilih Pemula 2014).

Setiap tahunnya Youth Proactive membuka kesempatan untuk bergabung sebagai relawan. Saat ini Youth Proactive sudah memiliki tiga angkatan dan berhasil menjangkau 2827 anak muda di 24 provinsi dan 50 kota/desa melalui 315 aktivis muda.

Tentang YouthProactive.com

Upaya pemberantasan korupsi harus bergerak secara konvergen baik di ranah offline maupun online. Sebagian program Youth Proactive, sebagaimana sudah disampaikan sebelumnya, bergerak di ranah offline. Di ranah online, Youth Proactive memanfaatkan kanal-kanal media sosial (Facebook, Twitter, Instagram) dan website.

Untuk website, YouthProactive.com dikembangkan dengan dua tujuan.

Pertama, sebagai kanal anak muda untuk berbagi gagasan, cerita, dan pengalamannya terkait isu antikorupsi, kebijakan publik, dan demokrasi. Upaya membangun anak muda antikorupsi harus diiringi dengan pertukaran gagasan di ranah online yang hari ini tak bisa dilepaskan dari anak muda. Setiap bulannya kolom Perspektif dan Speak Up terbuka untuk itu.

Kedua, sebagai wadah untuk menyoroti secara mendalam persoalan yang menghambat kemajuan demokrasi. Di tengah iklim media online yang didera dengan kebutuhan akan kecepatan informasi serta kepemelikan media oleh konglomerasi dan partai politik, lewat kolom Reportase YouthProactive.com mencoba mengembangkan laporan jurnalistik yang independen dan berpihak pada kalangan yang paling rentan dalam kebijakan publik.

Redaksi YouthProactive.com

Pemimpin Redaksi: Lia Toriana

Redaktur Pelaksana: Alvin Nicola

Tim Redaksi: Pradipa PR, Setiaji Wibowo, Rizal Assalam

Tim Kontributor: Asri Nuraeni, Maharddhika, Gloria Fransisca, Septi Prameswari

Tim Relawan

Aida Mutia H., Anis Farida, Aprodhite Dine, Asri Nuraeni, Atika Florentina, Deti Yulianita, Fidia Larakinanti, Fitriyani, Johan Nurul Imani, M. Ibnu Azhar Nasmit, Martinus D. Adrian Manorek, Mia Hestiana A., Niki Segara, Sandy Mardiansyah, Septi Diah Prameswari, Tsamrotul Aniqoh, Zaira Felia Diza, Zuiver Loverson.

Abdul Rohman, Alia Faridatus Solikha, Alvin Nicola, Ayunita Kurnia Ningsih, Bayu Yudha Setianegara, Dito Sunjaya, Fadhil Fadhli, Fathul Hilal, Halida Nufaisa, Handayani Puspa Kusuma, Katarina Pinta Sari Sirait, Maria Resti Kasih K., Mariska Estelita, Okta Rina Fitri, Patuan Bonardo, Ridha Amalia Rizki, Rienta Primaputri, Ulfa Aulia, Yudi Adiyatna.

Ahmad Sajali, Aisyah Aminy Maulidina, Chessa Ario Jani Purnomo, Fattah Amal Iko Rusmana, Heru Purnomo, Imelda Riris Damayanti, Langitantyo Tri Gezar, Latifa Ayu L, M Haiqal Arifianto, M. Adhiya Muzakki, Putu Gayatri Anindya, Riasky Widar Dewanti, Rizki Dwi Utami, Sinta Dwi Putri, Zainal Fuad, Zuhra.