Dari Neymar sampai Soeharto
Ilustrasi: Ahmad Sajali

Ternyata Warna Kuning Punya Banyak Cerita tentang Integritas!

Kalau kita ngomongin warna, yang kuning-kuning bukan cuma pancaran sinar lampu kuning di jalan aja, Youth. Ternyata ada banyak fakta unik warna kuning.

Warna kuning ini juga menyimpan berbagai cerita tentang integritas. Tentang kejujuran dan korupsi.

Ceritanya macam-macam. Ada kisah dari Piala Dunia 2018. Ada juga dari negeri kita sendiri, Indonesia, dan juga negara tentangga. Kayak gimana sih fakta unik warna kuning?

***

Warna kuning: Neymar

Warna kuning si tukang diving

Ada bahasan menarik di Piala Dunia 208 yang melibatkan pemain termahal di dunia, Neymar.

Pemain andalan timnas Brasil ini banyak dicibir warganet, sebab sering kali terjatuh saat bermain. Uniknya, di Piala Dunia 2018 yang menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) ini jatuhnya Neymar terekam sebagai percobaan supaya bisa mendapat tendangan bebas atau pinalti. Alias sering disebut “diving”.

Bukannya mendapat kesempatan tendangan bebas, penyerang Paris Saint-Germain ini malah kebanjiran meme jatuh dan terguling-gulingnya dia. Sayangnya aksi Neymar harus terhenti di babak perempat final, karena kemenangan Belgia atas Brasil.

Warna kuning: Soeharto dan Setya Novanto

Pejabat korup berjubah kuning

Apa persamaan kedua orang di atas?

Keduanya sama-sama identik dengan politik & korupsi.

Keduanya sama-sama mantan (presiden dan ketua DPR).

Dua sosok yang lama berkarir di Partai Golkar (identik dengan warna kuning) ini “berprestasi” dalam memperkaya diri sendiri. Soeharto dinobatkan sebagai presiden terkorup di dunia oleh Transparency International di tahun 2004; sementara Setya Novanto menjadi dalang di balik kasus korupsi e-KTP dan sejumlah kasus korupsi lain.

Warna kuning: Malaysia Bersih

Kuning berisi cerita tentang integritas

Warna kuning bukan cuma punya cerita buruk soal korupsi. Karena di Malaysia warna ini digunakan sebagai simbol perlawanan masyarakat terhadap dugaan korupsi Perdana Menteri Najib Razak yang memuncak di tahun 2015 (Aksi Gerakan Bersih).

Akibatnya, di tahun 2018 ini Najib harus merasakan kekalahan perih di pemilu Malaysia. Dirinya dikalahkan Mahathir Mohamad yang juga berpartisipasi di Aksi Gerakan Bersih Malaysia.

***

Nah, itu beberapa fakta unik tentang warna kuning. Ternyata ada juga ya fakta unik terkait cerita tentang integritas di balik warna ini.

Menurut Youth, fakta unik apalagi yang diceritakan warna ini?

Sharing is caring!
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someonePrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *