Ilustrasi: Youth Proactive/Agung.
Ilustrasi: Youth Proactive/Agung.

7 Akun Instagram Gerakan Anak Muda yang Bikin Kamu Tambah Pinter

Kalau buka Instagram, pasti kita sudah biasa banget lihat foto-foto selfie dan makanan yang cakep-cakep. Tapi, Instagram isinya bukan cuma untuk selfie dan foodie aja loh, Youth!. Ada banyak akun di Instagram yang bisa bikin kita tambah kritis dan up-to-date sama gerakan anak muda.

Nah, kali ini Youth Proactive mencoba menyusun 7 akun keren yang bisa kamu follow di Instagram untuk tahu gerakan anak muda. Apa aja tuh?

@pamfletgenerasi

Akun yang dikelola oleh anak-anak muda di Pamflet.or.id ini banyak posting poster informatif tentang hak asasi manusia, gerakan anak muda, dan sosial-budaya. Di poster-poster itu @pamfletgenerasi merangkum kilas-balik masalah hak asasi yang dialami Indonesia dan bagaimana kita anak muda mesti meresponnya.

Lewat poster-poster ini, Pamflet sering bagi-bagi publikasi hasil riset mereka yang keren-keren. Karena bicara Indonesia kita tak bisa lepas dari bicara sejarah, akun ini juga sering mengupas tokoh-tokoh Indonesia bersejarah yang mungkin belum pernah kamu dengar. Kalau follow akun ini jadi banyak tahu deh!

Selamat Hari Kemerdekaan! Masih menyambut Hari Anak Muda Internasional sekaligus Hari Kemerdekaan, kali ini kami ingin berbagi tulisan tentang gerakan anak muda dari Onghokham. Onghokham adalah sejarawan dan sekaligus cendikiawan. Sebagai sejarawan, ia piawai menjadi ‘saksi langsung’ dan tahu ‘tentang apa yang terjadi’ terhadap peristiwa yang menjadi perhatiannya. Sebagai cendikiawan, ia peka terhadap denyut kehidupan sosial, politik, dan budaya masyarakat sekitarnya. Beliau adalah Sejarawan di Indonesia yang kali pertama mempelopori penulisan persoalan sejarah di media (1 Mei 1933 – 30 Agustus 2007). Disertasinya yang berjudul "The Residency of Madiun: Priyayi and Peasant in the 19th Century" disebut-sebut sebagai bacaan yang wajib dibaca bagi orang-orang yang ingin mendapatkan gambaran jelas tentang sejarah petani Indonesia. Dibawah ini merupakan salah satu tulisan Ong Hok Ham yang dimuat dalam Prisma tahun 1977. Tulisan ini menjelaskan bagaimana sebutan-sebutan bagi kelompok muda muncul dalam sejarah dan politik Indonesia sepanjang abad 20 sejak sebelum kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya dari umur, kelompok muda juga terdefinisi dari perbedaan kelompok muda dalam ideologi, kelas sosial, generation gap, ataupun tingkat pendidikan mereka dengan kelompok “tua”. Selamat membaca dan selamat menjadi anak muda yang kritis! http://pamflet.or.id/blog/angkatan-muda-dalam-sejarah-dan-politik #InternationalYouthDay #HariKemerdekaan

A photo posted by Pamflet (@pamfletgenerasi) on

@indonesianyouth

Kamu yang aktif di kepemudaan pasti tahu banget dong Indonesian Youth Conference (IYC)? Nah, IYC juga punya akun Instagram gerakan anak muda. Lewat akun @indonesianyouth, teman-teman muda di IYC banyak berbagi informasi menarik tentang anak muda dan gerakan kepemudaan.

Informasinya beragam, dari yang pengetahuan umum sampai hal yang harus kita tahu sebagai anak muda. Banyak juga profil anak-anak muda berprestasi yang dibagi di @indonesianyouth. Inspiratif banget! Siapa tahu kamu bisa jadi salah satunya, kan?

Bahan Pangan Alternatif Selain Nasi . Data dari IRRI yang telah menunjukan seberapa besar tinggi konsumsi beras Indonesia, maka dapat diprediksi bahwa pada tahun 2035 Indonesia membutuhkan 20 Juta hektar lahan untuk menanam padi saja, sementara Indonesia sendiri sekarang memiliki 12.3 Juta hektar. Belum lagi masalah petani yang memaksakan untuk menanam padi padahal lahannya belum tentu cocok untuk ditanami. Nah, apa saja sih alternatif pangan selain nasi yang bisa kita konsumsi? Yuk simak informasi berikut: . Ubi Jalar Karbohidrat dalam ubi jalar lebih lamban meningkatkan gula darah karena memiliki kadar GI rendah yakni 54. Kandungan vitamin A-nya hampir dua kali lipat dari yang disarankan dikonsumsi setiap hari. Ubi mudah dicerna dan kandungan seratnya yang tinggi dapat mencegah sembelit dan cocok untuk menjaga berat badan. . Talas Tanaman ini bisa menjadi sumber karbohidrat murah pengganti nasi yang kaya akan nutrisi dan rendah GI yakni 54. Kandungan terbesar dalam talas adalah karbohidrat dan protein. Komponen karbohidrat di dalam talas berupa pati yang kandungannya mencapai 77.9 % dan memiliki sifat yang mudah dicerna. . Sukun Sukun memiliki komposisi nutrisi yang lengkap dan merupakan bahan pangan dengan GI rendah sehingga dapat berperan membantu mengendalikan kadar gula darah pada tingkat yang aman. . Gembili Gembili merupakan sejenis umbi-umbian yang berwarna putih dan memiliki rasa lebih manis dari ubi madu. Sumbangan terbesar dari gembili adalah kandungan inulin yang berfungsi membantu meningkatkan kerja usus dalam membuang sisa makanan, produksi vitamin B dan meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh. . Dari empat alternatif pengganti nasi, ada panganan yang pernah kamu coba? . Sumber: http://www.vemale.com/relationship/keluarga/24879-8-sumber-karbohidrat-yang-lebih-sehat-dari-nasi-4.html"

A photo posted by Indonesian Youth Conference (@indonesianyouth) on

@feministthoughtbubble

Nah, kalau akun Instagram yang dikelola Molly Williams ini banyak menampilkan kutipan-kutipan inspiratif. Bedanya, kutipan inspiratif ini bertema emansipasi perempuan.

Kutipan di @feministthoughtbubble beragam, dari masalah pelecehan seksual di tempat kerja, identitas seksual, body image, serta keadilan hak dan kewajiban. Akun ini mengambil kutipan inspiratif dari bermacam tokoh; ada dari tokoh muda seperti Malala Yousafzai, pemikir seperti Audre Lorde, sampai mantan olahragawan Caitlyn Jenner. Molly menggambar sendiri tokoh-tokohnya loh!

@komikazer

Kalau kamu suka mantau komik online semisal Si Juki atau GHOSTY, wajib baca juga nih @komikazer. Akun yang dikelola Reza Mustar ini banyak bikin komik yang mengomentari situasi sosial berdasarkan pengalaman yang ditemuinya sehari-hari. Kadang-kadang, Reza juga posting poster, karikatur satu panel, dan foto-foto.

Selain komentar sosial, @komikazer juga sering bikin komik kocak lain yang masih tetap menyentil keseharian. Kamu juga bisa dapat informasi acara workshop dan kegiatan seni yang kadang-kadang juga diisi langsung sama Reza. Bisa belajar tentang seni dan gerakan anak muda langsung dari komikus ini lho!

Selamat hari Buruh…

A photo posted by Reza Mustar.. (@komikazer) on

@womenincomics

Kalau tadi kita ngomongin tokoh perempuan dan komik online, di akun ini kita bisa lihat gimana sepak terjang tokoh-tokoh perempuan di komik-komik tenar seperti Marvel dan DC Comics. Dikelola Amber, psikolog bagi korban kekerasan seksual di Maryland, Amerika Serikat, @womenincomics menampilkan bagaimana para superhero dan supervillain merespon seksisme dan kekerasan terhadap perempuan.

Sebagian besar komik yang ditampilkan @womenincomics adalah potongan panel-panel, tapi kadang kala akun ini juga menampilkan komik pendek yang utuh atau infografis.

Harley does not stand for having her consent violated. I recommend you run, Red Tool

A photo posted by @womenincomics on

@indorelawan

Kamu yang punya jiwa sosial besar pasti banget pernah dengar nama Indo Relawan. Komunitas ini mempertemukan pihak-pihak yang butuh bantuan kerelawanan, dengan kamu-kamu yang mau jadi relawan untuk mendukung kegiatan mereka. Nah, kalau kamu ikutin Instagram @indorelawan, kamu bakal dapat banyak kesempatan untuk ikut bergabung jadi relawan di berbagai macam kegiatan.

Selain itu, @indorelawan juga sering posting berbagai kutipan inspiratif yang terus mendorong kita buat berbuat baik. Pas banget sebagai akun Instagram gerakan anak muda!

@yproactive

Nggak ketinggalan, Youth Proactive juga punya Instagram sendiri lho! Walau relatif baru, tapi lewat Instagram ini kita mencoba untuk menjangkau lebih banyak anak muda untuk peduli pada masalah antikorupsi, transparansi, dan pelayanan publik. Lewat medsos kita percaya, kalau ngomongin masalah publik itu tetap bisa asyik!

Sebagai akun Instagram gerakan anak muda, di @yproactive ada berbagai informasi, tips and trick, dan profil-profil relawan Youth Proactive sebagai gerakan anak muda yang berkontribusi melawan korupsi di negeri ini.

***

Nah, itu dia 7 akun instagram yang oke banget buat kamu follow. Apa kamu punya akun Instagram lain yang keren juga? Share ya!

Sharing is caring!
Share on Facebook15Tweet about this on Twitter10Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someonePrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *