YouthProactive-PrivateBeach0

Private Beach di Bali, Apa sih Masalahnya?

Pada suka travelling? Suka ke Bali? Pasti tahu dong banyaknya private beach di sana…

Tapi tahu nggak sih kalau private beach itu sebenarnya bermasalah?

Perda Bali No. 16/2009 misalnya, sebenarnya melarang keberadaan private beach. Karena pembangunan pantai-pantai pribadi seperti ini melanggar kebutuhan masyarakat luas. Padahal semakin hari semakin banyak pantai yang dijadikan private beach… bukan cuma di Bali, tapi juga di wilayah lain di Indonesia.

Yuk simak permasalahannya.

***

Apa itu private beach?

Private beach di Kivotos
Foto: Kivotos Mykonos

Private beach adalah area pantai yang dijadikan kepemilikan seseorang/perusahaan tertentu. Artinya untuk masuk ke area tersebut harus punya izin dari si pemilik, tak boleh dimasuki secara bebas oleh masyarakat umum. Orang yang mau lewat akan diusir petugas keamanan dan pesisirnya biasanya dibatasi pelampung pembatas area pantai supaya tak bisa dimasuki orang berenang atau berselancar.

Apa masalahnya?

Pantai yang dapat diakses semua kalangan
Foto: NYC Parks

Pantai harusnya adalah area publik yang dimiliki bersama, bukan dikuasai perseorangan/perusahaan, yang prinsipnya biasa disebut public trust doctrine. Biaya untuk mengakses private beach umumnya sangat mahal untuk kebanyakan masyarakat. Jika masuk ke pantai yang dimiliki hotel, tarifnya tinggi. Misalnya di Pantai Karma Kandara, Bali, tarifnya sampai Rp250.000 cuma untuk masuk pantai.

Private beach di Bali

Jumlah hotel di Bali
Data dari: Traveloka.com/Mei 2016

Paling tidak ada 2212 hotel di Bali (Kompas.com, 4/2/2015). Ada begitu banyak hotel yang terletak di pinggir pantai. Banyak hotel di Bali berkumpul di daerah pantai seperti Uluwatu, Pecatu, Nusa Dua, Sanur, Legian. Hotel seperti ini menawarkan fasilitas seperti bangku, meja, payung. Belum ada data yang menunjukkan jumlah persis hotel yang punya pantai privat di Bali. Tapi website travelling TripAdvisor mengindeks paling tidak 30 hotel, itu pun baru yang paling populer.

Private beach harusnya dibatasi?

Pantai jadi hak milik kalangan tertentu
Foto: Massachusetts Real Estate Law Blog

Perda Provinsi Bali No. 16 Tahun 2009 tentang RTRWP (Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah Provinsi) sebenarnya sudah mengatur soal hak publik di pantai. Tidak boleh ada bangunan permanen 100 meter dari titik pasang tertinggi di pantai. Harusnya aturan ini bisa membatasi private beach di Bali. Tapi nyatanya masih banyak hotel yang letaknya sangat berdekatan dengan bibir pantai.

Menjaga hak publik di Amerika

Miami Beach, Florida
Foto: Douglas Elliman Photography

Di Amerika Serikat, beberapa pemerintah daerah berusaha menjaga agar pantai tetap bisa diakses publik meski berdekatan dengan hotel/rumah. Mahkamah Agung Florida, misalnya, tegas menolak tuntutan orang-orang di pemukiman mewah untuk melebarkan garis batas area rumahnya. Gubernur Hawaii juga mengeluarkan aturan yang melarang siapa pun menanam tanaman yang membatasi akses publik ke pantai (TIME, 23/6/2010).