2016-22-02 Revisi Skripsi Saja

Anak Muda: Cukup Skripsi yang Revisi, KPK Jangan!

Menjelang siang, beberapa pemuda bertandang ke lobi kantor KPK. Bersama sekelompok pemuda itu, hadir pula band kawakan Slank, lengkap dengan perlengkapan panggungnya.

Rupanya mereka tengah menggelar aksi memprotes revisi UU KPK. Slank membuka aksi dengan konser 30 menit. Selepas Slank turun, ganti para anak muda yang naik. Mereka berasal dari Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Indonesia (APMI), yang di antaranya termasuk Youth Proactive. Di antara mereka ada yang membawa papan kecil bertuliskan, “Cukup Skripsi yang Revisi, KPK Jangan!”

“Generasi muda memegang peranan sentral dalam mewujudkan Indonesia yang bersih dari korupsi,” sahut relawan Youth Proactive Ahmad Sajali dengan lantang.

Bukannya memperbaiki kinerja KPK sebagaimana revisi skripsi memperbaiki ketajaman analisis skripsi, revisi UU KPK justru membuat KPK menjadi tidak independen. Salah satu substansi dalam revisi UU KPK adalah dibutuhkannya izin untuk melakukan penyadapan. Izin ini bisa memperlambat proses penyidikan.

Apalagi, tak seperti revisi skripsi yang nilai akademisnya bisa dipertanggungjawabkan, fraksi DPR yang mengajukan revisi ini tak pernah memberikan kajian akademis kenapa revisi UU KPK dibutuhkan.

Rencana awalnya, revisi UU KPK akan dibahas dalam rapat paripurna DPR di hari Selasa, 23 Februari 2016. Tapi pada Senin (22/2) sore, presiden Jokowi dan DPR sepakat menunda pembahasan hingga waktu yang belum ditentukan. Dalam orasinya, Sajali menuntut partai politik, DPR, dan Presiden Jokowi membatalkan revisi UU KPK. Ia mengajak masyarakat, terutama anak muda, untuk terus mengawal pembahasan yang masih akan berlangsung.

“Bayangkan, 10 tahun lagi kita nggak bisa nikmati Raja Ampat karena pengusaha kongkalikong dengan penguasa korup,” ujar Freddy Reynaldo Hutagaol dari KPK saat bicara dalam kesempatan terpisah, Jum’at (19/2) lalu.

Sharing is caring!
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someonePrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *