2015-12-06 press release jumat keramat

Stand-up Comedy Akrabkan Isu Antikorupsi

Kampanye antikorupsi dinilai masih berjarak lebar dengan keseharian anak muda. Kumpulan angka indeks korupsi, hasil laporan riset yang tebal, serta penyelidikan kasus korupsi yang berkepanjangan kadang justru membuat anak muda enggan untuk lebih banyak terlibat. Stand-up comedy hadir sebagai cara untuk mendekatkan isu tersebut di antara anak muda.

Cocoknya stand-up comedy sebagai wadah isu antikorupsi, salah satu sebabnya lantaran penggiatnya sendiri kebanyakan adalah anak muda. Youth Program Manager Transparency International Indonesia (TII) Lia Toriana mengatakan, stand-up comedy bisa membantu mengartikulasikan kampanye antikorupsi supaya ringan dan mudah diperbincangkan anak muda. “Selain itu, penting juga supaya gerakan antikorupsi bisa berjalan linear dengan perkembangan di masyarakat,” ucapnya pada press conference TII di Bakoel Koffie Cikini, Jakarta (6/12).

Seperti diketahui, sejak beberapa tahun belakangan beberapa stasiun televisi kerap menayangkan penampilan stand-up comedy. Penampilan stand-up comedy juga rutin digelar di berbagai kegiatan anak muda dan menjadi bagian dari penyelenggaraan acara d ikampus-kampus. Perkembangan stand-up comedy tak hanya terbatas di kota-kota besar, tapi juga daerah. Stand Up Comedy Indonesia adalah salah satu komunitas yang mewadahi para komika di penjuru negeri.

Sebagai upaya mengakrabkan isu antikorupsi, Transparency International Indonesia (TII) bekerja sama dengan Stand Up Comedy Indonesia akan menggelar stand-up comedy. Tahun ini TII mengajak anak muda untuk bersama meledek para pelaku kejahatan yang bisa lolos dari penyelidikan dan proses peradilan karena memiliki impunitas.

“[Dengan stand-up comedy] kita menertawakan orang lain dan juga diri sendiri,” ujar Muhadkly Acho, salah satu komika yang akan tampil. Korupsi bukan cuma dilakukan oleh para elit politik, tapi juga di tingkat bawah seperti mahasiswa yang membuat laporan keuangan fiktif di organisasi. Menurut Acho, materi stand-up comedy sebetulnya banyak berasal dari keresahan sehari-hari. Isu antikorupsi bisa diangkat dari keresahan ini.

Stand-up comedy bertajuk “Jumat Keramat: A Stand-up Comedy Show” ini akan digelar di Gelanggang Remaja Bulungan, Jakarta Selatan pada Jumat malam, 11 Desember 2015. Jumat Keramat melibatkan komika Andi ‘Awwe’ Wijaya, Arief Didu, Abdur Arsyad, Adriano Qalbi, Muhadkly Acho, dan Gilang Bhaskara dengan host Adjis Doaibu. Acara tahun ini akan menjadi keempat kalinya TII mengadakan stand-up comedy.