YouthProactive-3 KPK Bermasalah

Kenali Pimpinan KPK Periode 2015-2020

 Tiga dari lima pimpinan memiliki profil bermasalah. Siapa saja mereka?

  1. Agus Rahardjo (Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan)
    Pejabat eselon II di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa pemerintah (LKPP). Bersama sejumlah pejabat antara lain Ketua KPK Busyiro Muqodas, kepala BPKP Mardiasmo dan Menhan Purnomo Yusgiantoro pernah melakukan deklarasi anti-korupsi di tahun 2011.
  2. Basaria Panjaitan (Pengajar di Sekolah Staf dan Pimpinan Polri)
    Satu-satunya polwan yang menjadi capim KPK. Ia mendapat dukungan penuh dari Wakil Kepala Polisi RI Komisaris Jenderal Budi Gunawan.
  3. Alexander Marwata (Hakim ad hoc Tipikor)
    Hakim ad hoc Tipikor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Alex sering memberikan dissenting opinion (pendapat yang bertentangan dengan anggapan mayoritas hakim) pada kasus-kasus korupsi. Salah satunya adalah kasus penggelapan pajak oleh Ditjen Pajak Dhana Widyatmika dan korupsi bekas Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.
  4. Saut Situmorang (Staf ahli BIN)
    Satu-satunya capim KPK dari kalangan Badan Intelejen Nasional (BIN). Perusahaan pribadi miliknya, PT Indonesia Cipta Investama, diduga menjadi tempat pencucian uang. Ia juga pernah menganjurkan agar media tidak meliput operasi tangkap tangan KPK supaya indeks korupsi Indonesia tak tampak buruk, serta pernah menyebutkan agar memaafkan kasus Bank Century.
  5. Laode Muhammad Syarif (Akademisi Universitas Hasanuddin)
    Dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Laode Syarif juga aktif dalam Proyek Pengendalian Korupsi Indonesia. Selain mengajar, ia merupakan perancang kurikulum dan pelatih utama dari Kode Etik Hakim dan Pelatihan Hukum Lingkungan Hidup di Mahkamah Agung.

Kerja kita tentu tak berhenti dengan terpilihnya pimpinan KPK baru. Karena pemimpin bukan untuk kita puja–atau hina–tapi untuk kita jaga. Sekarang mari terus kita kawal!

***

Pernyataan di Facebook Youth Proactive: https://www.facebook.com/YouthProactive/posts/535723209937519

Sebagian data diolah dari Rappler, Tempo.co, dan OkeZone.

Sharing is caring!
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someonePrint this page

One response to “Kenali Pimpinan KPK Periode 2015-2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *