YRC-Kupang-Launching

Youth Report Center Datang Membawa Solusi

Di tengah polemik korupsi di Indonesia, Transparency International hadir dengan berbagai prakarsa dalam memerangi tindak ketidak adilan yang telah banyak merampas hak jutaan rakyat miskin. Salah satunya melalui program Youth Report Center yang digagas langsung oleh Youth Department dari Transparency International Indonesia dan telah dilaksanakan di 4 kota besar seperti Garut, Kupang, Aceh, dan Lombok.

Melalui program ini, Transparency International Indonesia mencoba untuk membuat sarana bagi anak muda untuk mengawasi secara langsung jalannya transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik (seperti asuransi kesehatan, dana operasional sekolah, administrasi hukum) yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat di daerah mereka masing-masing.

Di luar dari kegiatan pemantauan, Youth Report Center juga menghadirkan serangkaian kegiatan yang dapat menjadi modal awal untuk membentuk pemuda anti korupsi, seperti diskusi public, capacity building workshop, dan kegiatan advokasi lainnya. Dalam pelaksanaan kegiatannya, Youth Report Center juga merangkul organisasi pemuda lokal sebagai mitra kerja pelaksanaan proyek. Ada Bengkel APPeK di Kupang, Penpol Muda di Garut, Rumoh Transparansi di Aceh dan SANTAI di Lombok.

Ini menandakan komitmen besar Transparency International Indonesia dalam pemberdayaan pemuda untuk terwujudnya Indonesia baru tanpa korupsi. Sejak terlaksananya Workshop Youth Report Center pada bulan November 25, 2014 telah terdapat berbagai strategi kerja terbaik yang bisa diterapkan dalam praktek di lapangan oleh masing-masing daerah.

Lombok dan Kupang merupakan kota yang paling aktif dari rangkaian kegiatan Youth Report Center. Berdasarkan laporan dari YRC di kota tersebut, mereka banyak mendapatkan pengaduan dan laporan dari warga setempat mengenai keluhan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas dimana ini berkaitan dengan pengunaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas)/BPJS Kesehatan. YRC mengambil langkah untuk memberikan penjelasan langsung terhadap fungsi dari kartu jamkesmas/BPJS tersebut sehingga tidak aka ada lagi pemungutan dana  liar terhadap warga miskin.

Untuk melancarkan misi ini, mereka menyebarkan berbagai banner dan sticker yang berisikan nomor pengaduan Youth Report Center mereka beserta akun social media untuk dapat menyebarkan kesadaran public khususnya pelajar dan mahasiswa terhadap pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam berbagai pelaksanaan pelayanan publik di lembaga kepemerintahan. Serangkaian kegiatan ini akan berlangsung hingga bulan Februari ini dan berakhir di kota Kupang.

Sharing is caring!
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someonePrint this page

3 responses to “Youth Report Center Datang Membawa Solusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *