dprkita

Aplikasi “DPR Kita” Bantu Menyambung Warga dengan Wakilnya

Guna membantu sarana komunikasi antara anggota parlemen dengan konstituennya, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengembangkan aplikasi ponsel “DPR Kita”. Aplikasi yang diluncurkan pada Selasa (24/2) di Hotel Santika Premiere Jakarta ini diharapkan dapat mengenalkan masyarakat pada wakil yang dipilihnya.

“Kita sengaja pilih nama DPR Kita karena DPR itu milik kita bersama,” papar Didik Supriyanto, Ketua Perludem. Pada peluncuran aplikasi, dihadirkan pula Ronald Rofiandri (Peneliti Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia), Sulastio (Direktur Indonesian Parliamentary Center), Ledia Hanifa (Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI), Viva Yoga (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI), dan Indra Pahlevi (Bidang Pengkajian DPR RI).

Selain menampilkan database anggota DPR, aplikasi ini juga memungkinkan tiap anggota DPR untuk meng-update status mereka terkait kegiatan yang dilakukan. “Pengguna yang tertarik bisa klik tombol “Dukung” di laman anggota DPR-nya, mirip seperti fungsi follow di Twitter,” jelas Didik. Fitur follow ini dinilai bermanfaat untuk lebih memahami pendapat pribadi anggota DPR mengenai suatu isu yang tidak terliput di media dan mengklarifikasi pernyataan-pernyataan yang tidak sempat diluruskan.

Lewat aplikasi ini, pengguna juga bisa menyampaikan aspirasi mereka ke anggota DPR. “Kami upayakan supaya aspirasi tersebut dibaca langsung,” papar Didik, meyakinkan. “Kalau ada anggota DPR yang gaptek, akan kami konsultasikan dengan tenaga ahlinya.” DPR Kita juga menyediakan agenda rapat, daftar fraksi, daftar komisi dan AKD.

Sambutan baik oleh perwakilan dari parlemen pun mewarnai peluncuran aplikasi ini. Selama ini publik dinilai kurang mendapat pemahaman tentang apa itu DPR, serta apa saja fungsi dan tugasnya. Akibatnya, menurut Indra Pahlevi, anggota parlemen sering dimintai uang oleh konstituen untuk acara RT/RW atau pembangunan jembatan yang bukan wewenangnya.

Dengan keberadaan aplikasi ini, diharapkan masyarakat juga dapat lebih mengenal DPR dari luar hingga ke dalam. “Politik bisa asyik asal kita bisa komunikasi dengan baik,” ujar Ledia Hanifa. “Hitung-hitung ini investasi juga bagi generasi muda, ‘kan kita yang di parlemen tidak akan selamanya di sini. Mudah-mudahan adanya aplikasi ini bisa mendorong pemuda supaya lebih akrab dengan politik,” pungkasnya.

Aplikasi DPR Kita dapat diunduh di Google Play Store (https://play.google.com/store/apps/details?id=id.gits.dprkita). Saat ini DPR Kita baru tersedia untuk platform Android.

20150224_045342_dpr kita

Sharing is caring!
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someonePrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *