kemenpora-gelar-asean-youth-expo-2014-pada-8-11-agustus

ASEAN Youth Expo 2014: Cara Asik Mengenal ASEAN

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia bekerjasama dengan On That Point (OTP) Institute of Artistic Speaking mengadakan sebuah kegiatan bertajuk ASEAN Youth Expo (AYE) 2014. Dengan mengambil tema “Gateway to ASEAN”, kegiatan yang berlangsung pada tanggal 8-11 Agustus 2014 ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda dalam menyongsong Komunitas ASEAN (ASEAN Community) 2015. “Dalam semangat menyambut terbentuknya Komunitas ASEAN 2015, kita harus mempersiapkan pemuda-pemudi kita sebaik mungkin, baik mempersiapkan pengetahuannya, kemampuannya, dan juga networking-nya. Mereka adalah generasi penerus bangsa yang akan menentukan masa depan Indonesia, terutama dalam hal masa depan Indonesia dalam Komunitas ASEAN.  Kita juga harus terus mensosialisasikan isu pembentukan Komunitas ASEAN ini, hingga seluruh masyarakat Indonesia, terutama kalangan pemuda, bisa benar-benar mengetahui Komunitas ASEAN 2015 ini. Dengan begitu, mereka diharapkan dapat menyadari betapa pentingnya peran mereka bagi Indonesia dan juga semakin baik dalam mempersiapkan diri mereka guna menyambut pembentukan Komunitas ASEAN 2015 tersebut.”, ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dr. Roy Suryo Notodiprojo.

AYE_slider_5

40 orang pemuda yang terpilih sebagai delegasi kemudian akan berkumpul di Jakarta dan akan melakukan serangkaian kegiatan yang sangat menarik. Di antaranya ada workshop, nonton film bareng, community building melalui permainan-permainan tradisional nan edukatif, serta pameran dan penampilan kebudayaan di fX Plaza Sudirman, Jakarta Selatan yang menjadi agenda puncak dari acara ini. Aryo Moedanton, Project Officer sekaligus Managing Director OTP Institute of Artistic Speaking berharap acara tahunan ini nantinya bisa menjadi wadah bagi pemuda ASEAN untuk menyalurkan ide-ide kreatifnya untuk ASEAN. “Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan relasi antar negara ASEAN melalui pemudanya. Saya berharap semoga acara acara ini bisa menjadi ruang bagi pemuda ASEAN melalui para delegasi yang terpilih untuk berdiskusi dan bersama-sama menciptakan ide yang kreatif dan inovatif yang kemudian dapat diimplementasikan menjadi sebuah aksi nyata untuk mewujudkan Komunitas ASEAN 2015 yang lebih baik.”, pungkasnya.

AYE_slider_2

AYE 2014 menghadirkan cultural expo yang diisi oleh booth yang dikreasikan sendiri oleh para delegasi terpilih dari 10 negara anggota ASEAN. Masing-masing booth merepresentasikan kekayaan budaya yang dimiliki oleh negaranya, mulai dari pakaian tradisional, makanan tradisional, peta wisata, alat musik tradisional, pernak-pernik unik khas masing-masing negara, dan juga alat-alat yang biasa digunakan dalam permainan tradisional. Selain mengisi booth dengan barang-barang yang merepresentasikan kebudayaan dari negara mereka, para delegasi terpilih juga nantinya akan menampilkan kebudayaan negara mereka. Ada yang menampilkan tarian tradisional, menyanyikan lagu daerah, memperagakan permainan tradisional, fashion show pakaian adat, dan bela diri tradisional. Kesemuanya itu ditujukan untuk memperkenalkan kebudayaan dari masing-masing negara ASEAN kepada para pengunjung yang datang dengan cara yang mengasyikkan. “Gue baru tahu kalau ternyata ASEAN ‘sekaya’ ini. Gue Cuma sekedar tahu ASEAN lewat pelajaran Sejarah dan Pendidikan Kewarganegaraan. Sumpah, acara ini keren banget. Bikin gue kenal ASEAN lewat cara yang ‘gak biasa’”, ujar Agung, salah satu pengunjung yang berhasil tim wawancarai.

AYE mascots

Tak hanya memperkenalkan ASEAN melalui kebudayaannya, AYE 2014 juga membantu para pemuda untuk mempersiapkan masa depan mereka dengan mengadakan berbagai workshop dengan tema-tema yang sangat menarik yang tentunya dibawakan oleh para pembicara yang professional di bidangnya. Workshop tersebut dibuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya apapun jika hendak menjadi peserta. Adapun tema-tema workshop yang dihadirkan adalah sebagai berikut :

  1. How to Pass a Job Interview” dari tim karir.com.
  2. Financial Planning For Youth” oleh Ligwina Hananto.
  3. Media Literacy and Business Writing for Youth” oleh Mr. Eugenio Calapit dan Mrs. Ana Marie Calapit dari Associated Editors Company, Filipina.
  4. Prospect on International Film Production” oleh George Arif dari SPIN Production.
  5. Artistic Speaking for Youth Workshop: Empower Your Communication Skills” oleh Bryan Gunawan yang merupakan Founder sekaligus CEO dari OTP Institute.
  6. Artistic Speaking for Youth Workshop: The Art of Listening: The Key of Better Communication” oleh Aryo Moedanton yang merupakan Managing Director OTP Institute sekaligus Project Officer AYE 2014.

AYE_slider_3

Selain workshop dengan tema-tema yang menarik, AYE 2014 juga menyediakan ruang bagi para pemuda untuk mencari informasi tentang dunia professional dan pendidikan tinggi dengan mengadakan job fair dan scholarships expo. Beberapa institusi yang terlibat dalam job fair dan scholarships expo ini antara lain Project Owlie, Campus France dan Institute Français Indonesia (IFI), Talent of ASEAN, Karir.com, Sampoerna Agro, NUFFIC NESO Netherland, Marketeers, MSW Global, dan tentunya On That Point (OTP) Institute of Artistic Speaking. Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari Les Miserables Jakarta, Koko Cici Jakarta, solo vocal oleh Deogracia, Poppy dan Nadia, serta penampilan tari kreasi dari daerah Sulawesi.

Sharing is caring!
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someonePrint this page

2 responses to “ASEAN Youth Expo 2014: Cara Asik Mengenal ASEAN

  1. wah sangat menarik sekali… saya selalu berharap agar generasi muda kita bisa bersaing bahkan unggul dibanding pemuda lain di ASEAN bahkan dunia.. AMIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *