IMG_0580

Youth Integrity Camp 2014 “We Are The Game Changer”

Pada tanggal 22-28 Maret yang lalu,. Youth Departement Transparency International Indonesia mengadakan Youth Integrity Camp 2014 dengan taglin “We Are The Game Changer”. Peserta datang dari 17 Provinsi di Indonesia yang diwakili oleh 40 aktivis muda yang concern di isu-isu tentang pemilu, politik dan anti korupsi. Para peserta yang berasal dari berbagai daerah ini berbaur menjadi satu dalam keakraban dan kekeluargaan. Mereka mendapatkan pembekalan terkait isu-isu terhangat mengenai pemilu, politik dan anti korupsi. Selain pembekalan yang mereka dapatkan di Hotel Kemang 678 dan Café Decorous di Kemang 89, Camp ini juga mengajak mereka untuk ikut ekskursi ke KPK, KPU dan ikut aksi Kamisan di depan Istana Negara. Tentunya hal ini disambut antusias oleh para peserta yang kebanyakan belum pernah ke Jakarta dan tempat tinggalnya jauh dari pusat pemerintahan.

Selain mendapatkan wawasan lebih, para peserta juga diberi kesempatan untuk memperkenalkan organisasi didaerahnya masing-masing dalam sesi Game Changer yang diadakan setiap malam. Untuk setiap sesi ada sekitar 5-7 orang yang mempresentasikan mengenai organisasinya. Diantaranya ada Sekolah Anti Korupsi di Aceh, Pendidikan Politik Muda Garut, Sekolah Demokrasi Tangerang, Komunitas Integritas Universitas Lampung, Youth Forum Yogyakarta, Pusat Studi Konstitusi Padang, Inspirasi Muda Kaltim, Indonesian Future Leaders Chapter Sulsel, Generasi Sosial Muda Indonesia Palembang, StaraMuda Community Jombang, KOmunitas Pemburu Korupsi Sumut, Sofi Institute Cirebon, SEMA FH Universitas Galuh Ciamis, KOMPAK Paramadina Jakarta, SEMA Progresif UI dan masih banyak lagi.

Acara Youth Integrity Camp 2014 ini membuktikan, bahwa kaum muda tidaklah apatis terhadap politik seperti yang selama ini disangkakan. Banyak anak muda yang bergerak dan aktif untuk membuat perubahan dengan membentuk komunitas di daerahnya masing-masing. Ada yang concern di isu anti korupsi, pendidikan politik untuk masyarakat, bahkan mengusung ide tentang pendidikan kesehatan reproduksi untuk remaja. Semua organisasi ini patut diacungi jempol atas eksistensinya dan kiprahnya dalam memajukan bangsa melalui anak muda.

Pihak penyelenggara yakni Youth Departemen TII mengharapkan, setelah acara ini berakhir, para peserta bisa membawa ilmu dan wawasan yang mereka dapatkan di Youth Integrity Camp ini ke komunitasnya masing-masing dan juga tetap semangat menyebarkan nilai-nilai integritas di kalangan pemuda. Juga terjalinnya komunikasi yang erat antar organisasi di berbagai provinsi ini menjadi jembatan untuk penyatuan pergerakan muda di seluruh Indonesia guna membuat perubahan demi masa depan bangsa yang lebih baik lagi.

 

Sharing is caring!
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someonePrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *